NumPy merupakan singkatan dari Numerical Python yang merupakan library pada Python. Numpy berfungsi untuk perhitungan numerik termasuk operasi perhitungan pada vektor, matriks, dan array. Numpy ini sangat penting di dalam pengolahan data karena dengan library numpy perhitungan numerik mudah dilakukan.

Install NumPy

Install library ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya melalui pip yaitu

pip install numpy

Membuat array dengan arange

Perintah di atas adalah membuat array secara urut mulai dari angka 0 dengan banyak 10 bilangan. Angka 0 bisa juga tidak dituliskan seperti berikut
Kita juga bisa membuat array 2D, 3D, dst sampai nD.  Misalkan kita akan membuat array 2D berukuran (3,5), dengan 3 merupakan banyak baris dan 5 merupakan banyak kolom.
Untuk mengetahui dimensi array dan ukuran array dapat menggunakan perintah berikut

Membuat array yang isinya nilai acak
Membuat array dengan isinya angka acak juga bias dilakukan dengan library ini
Rand() adalah perintah untuk menampilkan  angka positif secara acak, untuk menampilkan angka acak dengan nilai ada yang negative dilakukan dengan perintah randn() 

Membuat array dengan linspace
Misalkan kita akan membuat array  dengan nilai awal 1 dan nilai akhir 10 dengan banyak data  3, maka diperlukan perintah berikut

Membuat array khusus
Array dengan nilai khusus misalnya 0 semua atau 1 semua bias dilakukan dengan perintah sebagai berikut
Secara default type data pada np.zeros dan np.ones adalah float64, untuk merubahnya menjadi integer cukup ditambahi perintah dtype=np.init16.
Untuk membuat array dengan tipe data complex cukup menambahkan perintah dtype=complex
Membuat array dengan pola tertentu
Array dengan pola tertentu maksudnya nilai-nilai dalam array mempunyai pola tertentu. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut
 
Array di atas nilainya bertambah 5 yang dimulai dari angka 10 dan batas akhirnya adalah 30 tetapi 30 tidak termasuk di dalam array. 

Nantikan tutorial selanjutnya....